Robot Inovasi Murid MTsN 1 Majene Bersaing di Kompetisi Robotik Madrasah 2022.

SHARE

Nurul Sakina Tamrin dan Muhammad Ardhani Alvaro A, murid kelas VIII MTsN 1 Majene, berhasil lolos seleksi kompetisi robotik madrasah ke-8 tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Kemenag RI.

Nurul, putri pasangan Muh Tamrin dan Nurhayati, bersama dengan Ardani, putra Ardiansyah Albar berada di urutan 15 dari 30 peserta kategori robot inovasi.

Keduanya berhasil lolos seleksi administrasi, makalah, dan video yang diselenggarakan 28 dan 29 Oktober 2022, dan berhak mengikuti kompetisi robotik madrasah yang akan digelar di Yogyakarta, 22-23 November 2022.

Robot inovasi karya Nurul dan Ardani berupa alat perangkat elektronik yang diprogram untuk melakukan tugas secara otomatis yang dapat mendeteksi kebohongan dan kejujuran, yang saat ini masih digunakan terbatas di lingkungan keluarga dan sekolah.

Robot tersebut dipresentasikan oleh Nurul dan Ardani didampingi Kepsek dan guru pembimbing Abdul Wahab, di ruang rapat Wabup, Kamis (17/11/2022), disaksikan Wabup, Sekda, para pimpinan OPD, Pimcab BRI Majene, BHS Majene, dan BPD Sulselbar Majene. 

Hasil presentasinya mendapatkan apresiasi yang positif dari para hadirin, termasuk Kadis Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik, Andri Nugraha.

Andri mengatakan akan ikut mendampingi keduanya mengikuti pra finalis ajang cipta robotik di yogyakarta pekan mendatang.