Jangan Asal Nobar, Bisa Berurusan dengan Hukum

SHARE

Majene – Menanggapi antusiasme masyarakat menyambut Piala Dunia 2022, pihak KPID Provinsi Sulawesi Barat dan Nex Media Parabola melakukan sosialisasi mekanisme penyiaran piala dunia agar sesuai dengan regulasi penyiaran yang berlaku.

Sosialisasi tersebut dilaksanakan melalui Zoom Meeting yang diikuti Dinas Kominfo Provinsi bersama 6 Dinas Kominfo Kabupaten se-Sulbar, dan para pelaku usaha TV Kabel, pada Sabtu 19 November 2022.

Kadis kominfo Majene Andri Nugraha, bersama Sekretaris Kominfo Jawahir, Kabid TIK Apriano, dan para staf juga turut bergabung dalam sosialisasi tersebut.

Salah satu poin yang dibahas dalam sosialisasi itu adalah terkait mekanisme pelaksanaan nobar (nonton bareng).

Andri Nugraha menyampaikan bahwa berdasarkan hasil zoom meeting bersama nex media dan KPID Sulbar disebutkan bahwa nobar tidak boleh dikomersilkan.

"Bila sudah membeli paket piala dunia dari Nex Media, nobar diperbolehkan maksimal 20 orang, itupun tidak boleh di cafe, boleh di rumah-rumah atau tempat yang tertutup, tidak boleh tempat yang terbuka, dan tidak boleh menggunakan layar lebar/ Infocus" papar Andri

"Pokonya kalau sudah menggunakan layar lebar itu akan dikenakan teguran, tapi kita mendahulukan tindakan persuasif dulu, tidak langsung melakukan tindakan hokum,” tambahnya.

“Nex media juga sudah menghimbau agar semua mekanisme harus legal, jangan sampai kita bertemu di meja hijau, ini sudah disampaikan keseluruh Dinas Kominfo di wilayah Sulbar, dan ini berdasarkan hasil kesepakatan," tutup Andri.

Sebagaimana diketahui, piala dunia, kompetisi sepak bola paling bergengsi yang digelar tiap 4 tahun, yang tahun 2022 ini berlangsung di Qatar, akan digelar mulai Ahad, 20 November sampai 18 desember 2022.